Definisi Pengertian Majas, Macam dan Contoh

Daftar Isi [Tampil]
Definisi Pengertian Majas, Macam dan Contoh - Apa itu Majas? Sebuah pertanyaan sederhana yang selalu diajukan setiap pembelajaran. Sebenarnya tanpa kita sadari hampir setiap hari kita menggunakan banyak sekali jenis majas namun tentunya tidak sekaku dan sebaku seperti dalam pembelajaran bahasa.

Secara umum majas dapat dikatakan sebagai insturmen yang penting namun tetap fleksibel, mengapa demikian?. Karena majas bisa digunakan baik secara lisan maupun tulisan tergantung ketepatan situasi maupun konteks dalam penggunaannya.

Ada banyak sekali penjelasan mengenai arti majas, baik dari keilmuwan ataupun para ahli maupun berdasarkan sumber kamus besar yang telah disempurnakan dan juga rujukan online yaitu wikipedia.

Pengertian Majas Menurut Ahli

Definisi Majas

Definisi Majas Menurut WikiPedia

Majas atau gaya bahasa yaitu pemanfaatan kekayaan bahasa, pemakaian ragam tertentu untuk memperoleh efek-efek tertentu yang membuat sebuah karya sastra semakin hidup, keseluruhan ciri bahasa sekelompok penulis sastra dan cara khas dalam menyampaikan pikiran dan perasaan, baik secara lisan maupun tertulis.

Pengertian Majas Menurut KBBI

Arti majas menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah cara melukiskan sesuatu dengan jalan menyamakannya dengan sesuatu yang lain atau sebuah kiasan.

Pengertian Majas Menurut Aminuddin

Pengertian majas menurut Aminuddin adalah sebuah gaya bahasa dan cara yang digunakan oleh pengarang dalam memeparkan gagasannya sesuai dengan tujuan dan efek yang ingin dicapai.

Baca Juga Ya : Pengertian Bahasa

Pengertian Majas Menurut Prof. Dr. H. G. Tarigan

Definisi majas menurut Prof. Dr. H. G. Tarigan adalah cara mengungkapkan pikiran melalui bahasa secara khas yang memperlihatkan jiwa dan kepribadian penulis.

Pengertian Majas Menurut Goris Keraf

Arti majas menurut Goris Keraf yaitu pengertian majas adalah suatu majas dikatakan baik bila mengandung tiga dasar, yaitu kejujuran, sopan-santun dan menarik.

Pengertian Majas Menurut Luxemburg dkk

Menurut Luxemburg dkk, pengertian majas adalah sesuatu yang memberikan ciri khas pada sebuah teks. Teks pada giliran tertentu dapat berdiri semacam individu yang berbeda dengan individu yang lain.

Macam Macam Majas dan Contoh

Ada banyak sekali macam jenis majas yang perlu diketahui dan menjadi bagian dari syarat kesempurnaan sebuah karya, untuk itu kami sajikan lengkap untuk anda beserta contohnya.

Baca Disini : Jenis Macam Majas

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar